19 Januari 2010

Forbidden party (spoiler berat!)



@Blitzmegaplex GI, Audi 3, Jan 18th 2009, 1340 hrs

Berjudul asli "Invitation Only", film ini diklaim sebagai film slasher Taiwan pertama yg pernah dibuat. Berdurasi sekitar 85 menit, film ini mengisahkan seorang kaya bernama Mr. Yang (Jerry Huang) yg benci banget ama orang miskin yg suka mengambil uang orang kaya, disebutnya sebagai "little people" atau "gold-digger". Waktu usia 5 tahun, adiknya diculik oleh penjahat yg meminta tebusan kepada ayahnya. Namun sang adik malah dibunuh dan direkam dalam video tape. Sekarang, dia mempunyai "pesta khusus" untuk orang-orang kaya yg sakit jiwa, di mana ada pertunjukkan mutilasi dan penyiksaan terhadap orang-orang miskin yg diundang ke pestanya.
Adalah Wade (Bryant Chang) yg bekerja sebagai supir Mr. Yang. Secara sengaja Yang mengundang Wade ke pestanya, tanpa sepengetahuan Wade kalau Yang adalah penyelenggara "pesta khusus" tersebut. Sesampainya di sana, Wade tidak sendirian, ternyata ada 4 "orang miskin" lainnya yg "dijebak" yakni Richard, Hitomi, Holly and Lin. Mereka pun menjadi incaran si sakit jiwa Yang dan teman bulenya, Stewart. Satu per satu ditangkap dalam keadaan hidup-hidup dan dibunuh secara perlahan dalam suatu pertunjukkan yg menyakitkan.......

Mau liat Maria Ozawa a.k.a. Miyabi bermain di film layar lebar? Tonton film ini.... Eitsss.. sabar dulu...
Pertama kita lihat dulu posternya, cool enough i guess.. Reminds me to SAW and Hostel. Bahkan gaya pembunuhan dan penyiksaan di film ini juga meniru kedua film tersebut, tapi tenang... soal kesadisan masih kalah sadis koq.
Kebetulan gua menonton versi bioskopnya di Blitz, banyak adegan yg kurang mulus, ternyata telah disensor selama hampir 10 menit! Bisa dibilang every cutting-throat scene is being cut!! Jadi durasi sebenarnya adalah 95 menit.
Mulai adegan pertama, kissing antara dua wanita yg sedang berdansa erotis juga tidak ditampilkan. Kemudian make love scene antara Dana (Maria Ozawa) dan Wade juga dipotong habis!! Mungkin buat penonton bioskop akan merasa heran kenapa tokoh Dana yg tidak penting itu muncul dan menghilang tiba-tiba... because she is also murdered and it's heavily cut too!

Mungkin karena ini adalah film pertama bagi sang sutradara, Kevin Ko, sehingga belum piawai mengolah intensitas ketegangan film yg hampir tidak ada, jelas-jelas film ini hanya menjual adegan mutilasi saja. Dengan ceritanya yg biasa dan tidak terlalu "pintar" (masa sih cuman gara-gara adiknya terbunuh waktu kecil, si pembunuh dendam gitu..), film ini sebelas dua belas dengan Air Terjun pengantin, tentunya tanpa air terjun, hmm.... pastinya asik sekali bila melihat Maria Ozawa sambil ber-air terjun ria yak! Film ini sama sekali tidak membuat penonton menjadi penasaran, apalagi pembunuh sebenarnya sudah ketahuan di bagian awal cerita.
Kontinuitas kostum juga terlihat kedodoran, di mana Wade masuk ke pesta memakai jas, kemeja dan dasi, namun adegan selanjutnya dia hanya memakai jas dan kaos putih saja, kemudian berpindah lagi ke kemeja dan dasi. Wade yg memotong tangannya sendiri, tapi di ending cerita tidak terlihat bekasnya dan tampak baik-baik saja.

For slasher movie fans only, but don't watch it at cinema! or you'll get confused and dissapointed!

5 out of 10 stars...

Tidak ada komentar: