16 September 2008

Babylon A.D.

Untuk film berbujet 70 juta dollar ini memang sia-sia banget, karena ceritanya yg serba tanggung.

Biasanya kalo film bertema futuristik, akan diawali prolog...kayak, year 2050, human's life becomes extinct, bla bla bla... eh, ini malah diawali kata-kata VIn Diesel, save our planet...bla bla bla.. dan tiba2 lagu rap yg menghentak...

Bercerita Toorop (Vin Diesel) yg menerima kerjaan dari Gorsky (Gerard Depardieu, sumpeh.. gue ga ngenalin nih orang) mengantarkan seorang cewek hamil anak kembar , Aurora, dari biara mongolia ke New York, ditemani oleh Suster Rebeka (michelle Yeoh).

Aurora diantar ke New York atas permintaan "ibu"nya yang merupakan kepala pimpinan sekte agama, yg ingin menggunakan kehamilan aurora sebagai bagian dari doktrinasi agamanya. Kehamilan itu sendiri terjadi karena percobaan "artificial intelligent" dari ayah aurora.Dan hal ini ingin dicegah oleh sang "ayah" supaya aurora tidak dimanfaatkan oleh "ibu"nya.

Aurora sendiri mempunyai kemampuan mengetahui sesuatu yg tidak/belum diketahui.

Sayang sekali bagian ini kurang di-eksplorasi dan terkesan cuman tempelan doank.

Bisa dibilang rintangan yg mereka hadapi sepanjang perjalanan hampir semuanya bersifat teknikal. There is almost no bad guys here. Adapun sekelompok orang-orang yg ingin menculik Aurora ternyata hanya suruhan "ayah"nya. Adengan melompat sekelompok orang ini mengingatkan gue ama sebuah film Prancis bercerita ttg pencuri yg mempunyai kemampuan melompat-lompat.

Banyak pertanyaan muncul, siapakah yg melakukan pem-boman di Stasiun kereta dan biara? Siapakah dokter misterius yang memeriksa aurora dan bekerja untuk siapa?

Setelah film selesai, ada penonton yg bergumam, so what..? Tentunya penonton mengharapkan lebih kalo bayi kembar yg dilahirkan akan mengakibatkan "perubahan sesuatu" pada kehidupan dunia. Mengingat sepanjang film, terlontar beberapa kali kalimat oleh ibu Aurora : there will be new dawn of age... kira-kira begitu...

Menonton film ini seperti de ja vu buat gue, kayak nya pernah ada film tentang wanita hamil, yg bayinya dianggap akan memberikan "pencerahan baru" bagi dunia, akibatnya diperebutkan banyak pihak? Film apaan tuh yah?

Trus, apa artinya Babylon A.D. dan hubungannya dengan film ini? Au ah gelap...

Yang gue tau dari sejarah, babilon itu kota di peradaban mesopotamia,iraq, hehehehhee....

Nilai 4,5 dari 10 plus gue suka adegan chaos tembak-tembakan antara pihak Gorsky dan sekte, yg diiringi lagu klasik remix.... jadi total 5 bintang dari 10... Dan gue bosen ngeliat tampang Michelle Yeoh di film Escape from huang shi, mummy 3, dan film ini, bahh.... dengan karakter yg mirip mirip...


2 komentar:

Anonim mengatakan...

Nice review, thanx...

Anonim mengatakan...

dejavu lu itu kayanya film blessed yang dimaenin heather graham itu kali fan