22 Mei 2009

The Sniper

@Platinum XXI, studio 4, May 13, 2009, 1230 hrs

Film yg berdurasi 90 menit ini berkisah tentang kepolisian bagian sniper, yg dipimpin oleh Hartman (Richie Ren). Adalah seorang "rookie" (polisi baru) berbakat namun keras kepala bernama OJ (Edison Chen) yang dilatih oleh Hartman untuk menjadi seorang sniper. Di lain pihak, seorang mantan sniper, Lincoln (Huang Xiao ming) dibebaskan dari penjara setelah 4 tahun menjalani hukuman karena telah menembak salah satu warga sipil yg telah disandera dalam peristiwa perampokan yang dilakukan oleh gangster bernama Guan Hua. Guan hua sendiri juga dibebaskan bersamaan pada waktu itu.
Lincoln yg merasa tidak puas karena hukuman yg dijatuhkan kepadanya , dia pun bekerja sama dengan Guan hua untuk membalas dendam kepada Hartman. Lalu sebenarnya apakah yg sebenarnya terjadi 4 tahun silam?

Pada 40 menit pertama film ini terasa membingungkan karena tidak jelas mau dibawa ke mana, alur ceritanya sendiri memang kurang kuat dan tidak bercerita banyak. Intinya seorang polisi yg balas dendam kepada mantan koleganya dan ada seorang polisi "rookie" yang menghentikan langkahnya. Selain tiga karakter utama tadi (Hartman, OJ, dan Lincoln), karakter lain menjadi tidak penting. Termasuk pula sempat digambarkan kehidupan keluarga OJ dan Hartman, namun sama sekali tidak berpengaruh apa-apa dalam film ini. Buat para fans Edison Chen mungkin film ini bisa menjadi obat perindu setelah dua tahun absen dari perfilman Hongkong. Kalau tidak salah dia tampil sebentar dalam film the Dark Knight. Untungnya, film ini ditutup oleh ending yg bisa menolong film ini secara keseluruhan.

5.5 out of 10 stars...

Tidak ada komentar: