13 Oktober 2009

Badai salju yg nanggung


@Senayan City XXI, studio 1, Oct 11 2009, 1455 hrs

Film berdurasi 95 menit ini mengisahkan seorang US marshal wanita, Carrie Stetko (Kate Beckinsale) yg bertugas di pangkalan Antartika. Sebuah kasus pembunuhan pertama terjadi di tempat itu, mau tidak mau menjadi tanggung jawabnya padahal dia harus pulang bersama para pekerja lain karena pangkalan tersebut akan ditutup di mana matahari "menghilang" dari benua itu selama 6 bulan.
Tapi sialnya dia dikejutkan oleh kehadiran pembunuh berkapak es ketika sedang menyelidiki kasus tersebut. Kehadiran penyelidik dari PBB, Robert Pryce (Gabriel Macht) yg tiba-tiba muncul di tempat kejadian ditambah trauma masa lalunya, makin membuat Stetko sulit untuk mempercayai orang-orang di sekitarnya. Sementara Stetko sendiri terluka hingga mengakibatkan dua jari tangannya harus diamputasi oleh dokter tua, John Fury (Tom Skerritt).
Akhirnya Stetko harus tinggal di pangkalan, terjebak bersama Pryce, John dan seorang pilot pesawat, plus sang pembunuh yg masih berkeliaran.

Dari segi kekerasan dan kesadisan, film yg diangkat dari novel grafis ini terasa tanggung untuk rating R (Restricted). Dominic Sena sebagai sutradara yg pernah menangani Swordfish dan Gone in 60 seconds, nampaknya kedodoran di banyak bagian. Meskipun ada dua atau tiga adegan yg bisa menguras adrenalin, namun tidak terlalu menolong. Plot yg mudah tertebak siapa penjahat yg sebenarnya, bahkan ending yg sepertinya merelakan sang penjahat mati dengan cara yg pasrah, betul-betul tidak membuat penonton merasa antipati terhadap karakter ini. Entah apakah memang seperti itu tertulis dalam novelnya, tapi yg jelas penulis skrip seharusnya membuat improvisasi, karena ini adalah film thriller.
Kate Beckinsale pastinya menjadi "komoditi" utama film ini, mulai dari poster, deretan cast yg kurang terkenal (selain aktor gaek Tom Skerritt), sampai adegan shower Kate, yg tentunya diharapkan menjadi "saviour" dari film thriller ini.. ups.. i forgot this is a thriller movie huh?

well..too bad.. this should be a good thriller, 6 out of 10 stars..

Tidak ada komentar: