13 November 2009

Sebuah kisah hampa tentang robot kecil berhati manusia

@Puri XXI studio 1, Nov 12th 2009, 1920hrs

Toby (Freddie Highmore), anak berusia 13 tahun yang hidup di metro city, kota apung di atas permukaan bumi di mana kehidupan manusia "dibantu" oleh para robot. Ia adalah putra seorang ilmuwan Dr. Tenma (Nicholas Cage) yg bekerja di kementrian Iptek. Suatu hari ia meninggal ketika menyelinap ke dalam ruang percobaan robot "peacekeeper" dengan energi inti merah yg negatif. Dr. Tenma pun segera menciptakan robot tiruan berisi memori Toby ketika masih hidup dengan menggunakan energi inti biru yg positif. Namun akhirnya Tenma menyadari kalau robot itu tidak bisa menggantikan Toby dan membuangnya. Toby terdampar di permukaan bumi dan bertemu dengan anak-anak asuhan HamEgg (Nathan Lane) yg mempunyai gelanggang gladiator tempat para robot saling bertarung. Dan presiden metro city, Stone (Donald Sutherland) mengejar Toby ke permukaan bumi untuk mengambil kembali energi inti biru...

Astro boy sebetulnya berpotensi untuk menjadi film sci-fi yg bagus. Emosi antar Tenma dan Toby cukup kena untuk menggambarkan hubungan ayah dan anak. Sepertinya visualisasi kedua karakter itu memang diciptakan untuk Cage dan Highmore. Namun sayang... rupanya penonton sudah bosan disuguhi film-film robot (terakhir kali ada di film Surrogates), dan hasilnya... film ini tidak terlalu lucu untuk anak kecil dan tidak dapat diterima pula oleh orang dewasa. Sebagai film animasi, tidak ada lagu-lagu yg enak didengar maupun moral yg berhasil disampaikan.
Entah apakah gua bisa memaafkan film animasi yg sekilas mengingatkan kita pada I,robot yg tentu saja lebih "berisi" dalam menyajikan hubungan antara robot dengan manusia ataupun wall-E yg secara indah mengambarkan hubungan antar robot. Well... this movie is still far away from those movies! Banyak sekali adegan yg menjadi tanda tanya... Sebuah robot yg begitu emosional dan juga bisa tidur?? karakter Tenma yg mudah berubah-ubah, sebentar begini dan begitu; sang presiden Stone begitu ingin mendapatkan inti biru dan merah tanpa alasan yg kuat, seorang HamEgg yg begitu dendam pada robot hanya karena dia dikeluarkan dari kementrian IpTek, tidak ada tokoh yg benar-benar jahat atau menyebalkan di film ini (the peacekeeper robot is not villain enough! it's supposed to be a superhero movie!) dan Astro boy yg telah mati dihidupkan kembali oleh ZOG dengan memakai tenaga inti biru yg masih tersimpan (ZOG adalah rongsokan robot yg dihidupkan kembali oleh Astro Boy dengan memakai inti biru yg tertanam di dadanya). Oww.. crap... gua pikir hanya optimus yg bisa dihidupkan kembali oleh allspark saja, ternyata astro boy mengalami hal yg sama. Huhh....!

5.5 out of 10 stars..

Tidak ada komentar: