20 November 2009

SAUNA


@Blitzmegaplex GI, audi 7, Nov 19th 2009, 2130 hrs

Sebuah film horror tentunya harus mempunyai dua senjata utama, pertama alur cerita yg menyeramkan sehingga membuat penonton duduk terkaget-kaget; kedua, alur yg membuat penasaran dan ending yg menjawab semua pertanyaan penonton.

Berdurasi 90 menit, film ini berkisah tentang dua kakak beradik (Eerik dan Knut) yang bertugas untuk menandai wilayah perbatasan antara Rusia dan Swedia di akhir abad ke-16 setelah perang kedua negara tersebut selesai. Di dalam perjalanannya, mereka sempat tinggal di rumah seorang petani beserta anak perempuannya. Karena sesuatu hal yg berbau agama, Eerik membunuh petani tersebut dan mengurung anak perempuannya di dalam gudang. Sejak itu, dalam sisa perjalanan mereka, Knut selalu dihantui penampakan arwah anak perempuan tersebut, sampai mereka tiba di sebuah desa yg mempunyai sauna misterius....

Sayang sekali SAUNA tidak mempunyai kedua hal di atas, padahal film yg beralur lambat ini mempunyai premis cerita yg menjanjikan dan akting para aktor-aktrisnya yg bagus. Film Jelangkung buatan lokal jauh lebih unggul dalam menyajikan adegan horor daripada film yg sama sekali tidak menyeramkan ini! Kesimpulan akhir mengenai apa yg terjadi pada kedua tokoh utamanya begitu aneh dan tidak jelas, sehingga menimbulkan pertanyaan penonton ketika meninggalkan bioskop : "what the heck i've just watched??" Tidak ada adegan kekerasan yg berlebihan, semuanya "betul-betul normal" dibandingkan film horor/thriller lain di INAFFF kali ini. Buat gua pribadi film yg lebih bermain-main dari sisi psikologis ini adalah sebuah tontonan yg sia-sia!

This movie contains some scary moments and brief nudity, suitable for 13 years of age or older.

4.5 out 10 stars

Tidak ada komentar: