16 Desember 2009

Planet "glipforg" 51

@Senayan City XXI, studio 4, Dec 13 2009, 1515 hrs

Film berdurasi 90 menit ini terkesan biasa banget, meskipun ada sedikit bagian yg bisa membuat penonton tertawa dengan beberapa parodi yg diambil dari film E.T., war of the world, dan film-film bertema alien/UFO lainnya.

Bersetting di planet saturnus?? Seorang astronot US, Charles (Dwayne Johnson) yg mendarat di planet itu, tepatnya di kota Glipforg yg penduduknya berwarna hijau dan mempunyai antenanya di kepalanya (sekilas mirip sekali dengan Shrek). Charles dicurigai sebagai alien yg akan menginvasi Glipforg, sehingga ia diburu oleh para tentara di bawah pimpinan Jendral Grawl (Gary Oldman). Ditambah lagi seluruh penduduk kota yg lebih mempercayai kalau alien adalah makhluk yg jahat dan gemar memakan isi otak mereka karena pengaruh film Humaniacs yg sangat digandrungi. Untung saja, ia dibantu oleh Lem (Justin Long) yg memberinya tempat perlindungan.

Ide cerita film ini cukup unik, membalikkan persepsi di mana manusia (sang astronot) justru dianggap sebagai alien di mata penduduk "alien" kota glipforg (memang alien sendiri sebetulnya berarti makhluk asing). Tapi sayang cuman itu saja, betul-betul tidak ada yg istimewa, film ini layaknya membawa film-film yg sudah ada ke dalam bentuk animasi. Beberapa adegan mengundang pertanyaan, mengapa ada sekelompok anak muda yg begitu pro-alien dan apakah hanya karena sebuah film seluruh penduduk kota sangat parno terhadap alien, sehingga yg mereka bicarakan cuman alien dan tata surya. Tidak ada lagu yg asik, sedikit kelucuan, bahkan tidak ada pesan moral yg berhasil disampaikan kepada penonton cilik. Tidak heran bila film produksi ILION animation studios ini gagal dalam peredarannya secara domestik di Amrik. Rupanya penonton sudah bosan dengan film bertemakan alien ataupun kedatangan makhluk asing.

5.5 out of 10 stars

# dapet cd game on-line nya lho#

Tidak ada komentar: