19 April 2010

The beginning of the beginning of a memoir

@Puri XXI, studio 2, April 18 2010, 1425 hrs

Ewan McGregor, mendapatkan pekerjaan untuk melanjutkan penulisan memoir mantan perdana menteri Inggris, Adam Lang (Pierce Brosnan), karena penulis sebelumnya McAra ditemukan tewas di pinggir pantai. Di kediaman Lang, dia bertemu dengan sang sekretaris Amelia Bly (Kim Cattrall) dan juga istri Lang, Ruth (Olivia Williams). Amelia memberikannya setumpuk manuskrip memoir tebal yg harus dikerjakan tanpa boleh dibawa keluar ruangan kerja Lang. Selain itu dia menemukan foto-foto masa kuliah Lang bersama seorang agen CIA, Paul Emmett (Tom Wilkinson). Keingintahuan yg besar membawanya masuk ke dalam sebuah permainan teka-teki yg penuh misteri, mulai dari kematian McAra yg belum jelas, bungkamnya Paul Emmett mengenai foto tersebut, sampai orang tak dikenal yg mengikutinya. Sebetulnya, rahasia terpendam apakah yg ada di dalam memoir itu?

Sebuah film berbau politik besutan Roman Polanski memang selalu identik dengan "soft" thriller klasik. Cinematografi yg sederhana dan scoring karya Alexander Desplat sangat mendukung hal tersebut meskipun settingnya berlatar belakang masa kini. Dari segi akting, hampir semua cast bermain bagus, kecuali Kim Cattrall yg dipaksa untuk berakting dengan aksen "british", namun gagal.
Tapi sayang Polanski belum berani untuk mengeksekusi film ini lebih eksplisit, bahkan ending yg disajikan terasa "gampang". Kejahatan yg terjadi tidak pernah diperlihatkan secara detail bagaimana dan siapa pelakunya, meskipun penonton dapat berasumsi sendiri mengenai hal itu.
Harus diakui, Polanski selalu membawa filmnya ke dalam alur yg lambat. Karyanya memang berbeda dengan film thriller hollywood masa kini yg penuh dengan adegan mengejutkan karena tata suara yg "booming". Meskipun begitu, film berdurasi 125 menit ini masih asik untuk diikuti sampai akhir, sedikit demi sedikit sampai rahasia memoir yg dapat ditebak sebelum film berakhir. Tapi ternyata rahasia memoir bukan menjadi inti dari film ini, perlu waktu buat gua untuk merenung sebentar, sebetulnya apa sih yg ingin disampaikan oleh Polanski. Hmmm.... sebuah konspirasi politik yg telah menjadi rahasia umum sekarang ini tentunya!

7 out of 10 stars...

Tidak ada komentar: