13 April 2010

The lovely bones - When the time between life and death is so beautiful....

@Pluit Village XXI, studio 4, April 12th 2010, 1515 hrs

Bersetting di tahun 1973, Susie si ikan Salmon (Saoirse Ronan), ABG berusia 14 tahun di pinggiran Pennsylvania yg dibunuh tetangganya yg pedofili, George Harvey (Stanley Tucci). Polisi dan keluarganya sama sekali tidak mempunyai petunjuk siapa yg membunuh Susie dan ke manakah mayatnya dibuang.. Apakah George berhasil ditangkap pada akhirnya?
Well... jangan pernah berpikir kalau film ini sebuah drama misteri-thriller pembunuhan. Not at all!
Bisa dibilang ini adalah drama murni, dengan hampir tidak ada misteri yang tersimpan di dalamnya.

Film berdurasi 125 menit ini sama sekali sekali tidak menampilkan kekelaman kejahatan yg dilakukan seorang Harvey. Bahkan ending cerita pun dibuat se-natural mungkin sebagaimana air mengalir.
Sepertinya sang sutradara, Peter Jackson ingin bermain-main dengan "indah gulana"nya sebuah kematian, di mana ada rentang waktu ketika orang mati berada dalam "lingkungan" antara hidup dan mati. Sebagian keindahan, kemarahan bercampur dendam Susie beserta keluarganya divisualisasikan dalam bentuk CGI. Mungkin buat sebagian besar penonton film ini tidak terlalu berkesan, meskipun akting yg ditampilkan Rachel Weisz (sebagai ibunda Susie), Saoirse dan Stanley di atas rata-rata.. Peran Stanley di sini sedikit banyak mengingatkan gua pada peran Robin Williams yang psikopat dan penyendiri dalam One Hour Photo. Tidak heran Saoirse dan Stanley banyak mendapatkan nominasi di berbagai ajang penghargaan. Jangan lupakan pula penampilan Susan Sarandon yg membuat film ini sedikit lebih ceria. So, film ini punya nilai plus dari segi cast, akting dan visualisasi, tapi dari sisi entertainment, bisa jadi akan ada penonton yg meninggalkan kursinya sebelum film berakhir.

Peter Jackson just want to make a different kind perspective of death and crime, i think it's okay! Even I'm not too impressed, but it's not bad at all..

6 out of 10 stars...




Tidak ada komentar: