09 Juli 2010

Knight and Day, sebuah kolaborasi "standar" antara dua bintang papan atas Hollywood

@Blitzmegaplex CP, audi 2, 1415 hrs, July 3rd 2010

Roy Miller (Tom Cruise) dijebak oleh temannya sendiri sesama agen CIA, Fitzgerald (Peter Sarsgaard). Roy berusaha menyelamatkan batere mini berkekuatan besar hasil penemuan Simon Feck (Paul Dano) dari Fitzgerald yg ingin menjualnya ke mafia pengedar senjata, Antonio Quintana (Jordi Molla). Fitzgerald pun mengejar Roy sampai di bandara dalam penerbangan ke Boston. Di sana Roy "memanfaatkan" June Haven (Cameron Diaz) yg akan terbang ke Boston untuk menghadiri pesta pernikahan adiknya. Tak ayal lagi, June pun "terpaksa" terbang bersama Roy dalam penerbangan ke Boston yang sebetulnya adalah sebuah penerbangan yg telah direkayasa oleh Fitzgerald demi menangkap Roy. Mereka pun selamat dalam penerbangan tersebut, tentunya... dan petualang duo Roy-June ke berbagai belahan dunia pun dimulai ketika mereka diburu oleh Fitzgerald.

Well well well... menonton film ini diibaratkan makan kue coklat yg lelehannya kurang cair (karena kurang hanget mungkin) dan kita ga peduli ama kandungan di dalamnya, yang penting manis aja dahh.... (dan manis belum tentu enak lho).
Lupakan mengenai ide cerita dan karakter-karakter yang ada, mulai dari Peter Sarsgaard sampe Paul Dano yg sebetulnya menjadi inti cerita, semuanya terasa ga penting dan cuman tempelan, karena film ini adalah Tom Crui-sentris (dan tentunya Diaz). Bagaimana Roy bisa membawa-bawa June "berkeliling dunia" dalam keadaan pingsan? lupakan saja..... Kayaknya dia punya uang yg banyak, tentunya.... Kenapa sih Roy mati-matian mau melindungi June? ga penting..... kalo Roy cuman sendirian namanya jadi Bourne donk..... Trus, koq bisa-bisanya June menerima telepon di sebuah pulau yg kata Roy sangat terpencil?? oke deh....

Keliatan banget kalo Tom Cruise terobsesi dengan karakter Ethan Hunt yg "apa aja bisa" di filmnya sendiri Mission Impossible. Bisa dibilang film ini adalah pemanasan sebelum dia meluncurkan MI4 akhir tahun depan. Gua pikir penonton sekarang udah tambah pinter dan (mulai) bosen ama tokoh jagoan yg terus-terusan bisa lolos dan bisa ngelakuin apa pun dalam kondisi yg tidak memungkinkan sekalipun. Mungkin film ini lebih cocok diberi judul Mission Impossible : 3.5?? Akting Diaz di bagian awal film sangat annoying sekali, kerjanya cuman teriak-teriak doank kayak film di jaman 80-an dan 90-an ketika si cewek sedang diselamatkan oleh sang jagoan. C'mon this is a millenium-era, you've got to be a tough chick! Hehehehe.... pisss!

Adegan aksinya pun tidak lebih heboh dari Die Hard 4-nya Bruce Willis, atau The A-team yg baru saja beredar. Pendaratan darurat pesawat yg dilakukan Roy dan June di awal film sama sekali tidak menegangkan. Dari segi cerita tentu saja seperti kue coklat di atas. Bumbu komedinya masih acceptable lah... Kalau saja film ini dibuat 10 tahun lalu akan terasa lebih fresh dan bisa mengundang lebih banyak penonton. Pesona Diaz rasanya udah hampir hilang, aktris komedi yg pernah dipuja-puja lewat There's something about Mary ini harus bisa menerima kalau dia bukan america's sweetheart lagi. Begitu pula dengan Tom Cruise, entah apa yg terjadi pada aktor papan atas yg hampir berkepala lima ini, sepertinya dia tidak laku bermain dalam film bergenre drama serius dan terus berusaha untuk bermain di film aksi supaya tetep eksis....

Hmmm... kesimpulannya? Simpulkan aja sendiri...

6.5 out of 10 stars

Tidak ada komentar: