24 April 2011

Pengacara bermobil Lincoln

@Plasa Senayan XXI, studio 6, April 23 2011, 1615 hrs

Mick Haller (Matthew McConaughey) mendapatkan klien baru, Louis Rollet (Ryan Phillippe), seorang putra pengusaha kaya di Hollywood yg dituduh melakukan penganiayaan terhadap seorang pelacur. Rollet yang tampak polos dan tidak bersalah membela diri kalau pelacur itu telah berbohong karena ingin memeras uangnya saja. Dalam penyelidikannya, Haller menemukan kasus ini mempunyai hubungan dengan kasus lamanya yg membuat kliennya dipenjara, Jesus Martinez (Michael Pena). Tidak hanya itu, keselamatan Frank (William H. Macy), asisten Haller yang membantunya dalam pengumpulan bukti-bukti juga terancam. Begitu pula keselamatan mantan istrinya Maggie (Marisa Tomei) dan putrinya.

Film berdurasi hampir dua jam ini bukanlah film bertema hukum dan kriminal terbaik yg pernah dibuat. Bisa jadi, A few good men adalah film terbaik yg pernah ada untuk tema seperti ini. Tapi berhubung udah lama banget ga nonton film seperti ini, rasanya udah bagus banget penyajiannya.
Matthew McConaughey berakting baik dalam film ini sebagai pengacara yg cuek dan sering menangani klien-klien yg notabene adalah musuh masyarakat seperti pengedar narkoba dan anggota geng; setidaknya itu yg ditangkap penonton melalui dialog pertengkaran dengan Maggie yg berprofesi sebagai pengacara penuntut. Bukan pertama kali Matthew berperan sebagai pengacara setelah film A Time to Kill (1996). Disebut Lincoln Lawyer karena ke manapun dia pergi selalu menaiki mobil Lincoln yg disupiri Earl (Laurence Mason). Phillippe, Tomei dan Macy juga berakting cukup bagus sesuai dengan perannya masing-masing.
Buat pecinta film kriminal, tentunya sayang untuk dilewatkan, dan diperlukan konsentrasi penuh untuk menonton film ini, karena dialog demi dialog serta argumentasi di meja hijau adalah kuncinya.

Tidak ada komentar: