19 Oktober 2009

Not inuf basterd for this inglourious Basterds!

@Puri XXI, Studio 1, Oct 18 2009, 1505 hrs

Sebuah fairy-tale tentang keinginan sekelompok orang yg begitu benci dengan tentara Nazi Jerman dan beraksi dengan caranya masing-masing.
Ada Lt. Aldo Raine (Brad Pitt) yg memimpin sekelompok "bajingan" (is it what basterds mean, rite?) yg gemar menangkap dan menguliti kepala tentara Nazi, bersama dengan Sersan Donny Donowitz (Eli Roth) yg dijuluki The Bear Jew, sersan Hugo Stiglitz (Til Schweiger) dan 6 orang prajurit lainnya.
Shosanna Dreyfus (Melanie Laurent), seorang wanita muda keturunan Yahudi pemilik bioskop di kota Paris. Dia selamat dari pembunuhan yg dilakukan oleh tentara Nazi yg dipimpin oleh Kolonel Hans Landa (Christoph Waltz) terhadap keluarganya.
Kemudian ada Bridget von Hammersmark (Diane Kruger), aktris Jerman yg bekerja sebagai agen mata-mata Inggris, yg bekerja sama dengan Aldo and the basterds untuk "mematikan" sepak terjang Hitler.

Semua perjalanan panjang itu dirangkum dalam film berdurasi 2,5 jam yg memang terasa panjang untuk 2 jam pertama. Kedetilan dialog dan adegannya memang agak mengganggu di beberapa bagian. Tidak ada penjelasan kuat mengapa Letnan Aldo yg berasal dari Teneessee ini begitu dendam kepada Nazi, mengingat dia sendiri bukan keturunan Yahudi. Begitu pula dengan Bridget yg notabene adalah orang Jerman. Bahkan karakter jendral Inggris Ed Fenech yg diperankan oleh Mike Myers dan prajuritnya terasa kurang penting.
Menonton film ini seperti layaknya film art eropa dengan dgn gaya pop-culture, di mana begitu klasik dalam pembukaan dan tiba-tiba berubah menjadi pop di tengah-tengah karena theme song-nya.
Buat yg pernah menonton Kill Bill tentunya ingat akan lagu siulan ataupun yg diiringi gitar spanyol, juga muncul di dalam film ini.
Terus terang gua berharap film ini gory dan bloody dengan poster bergambar senjata ataupun Brad Pitt yg berdiri di atas mayat tentara Nazi, just forget it all! For this one, Kill Bill is the winner.
I'm just not that basterd into this movie! where's the basterds anyway? show me the bloody basterds! Well ... the one and only basterd is Hans Landa! Under-controlled, intimidating and full of intriques. This movie is all about him, Quentin puts so much passion in this character.
Selain itu karakter yg cukup menarik perhatian adalah Shosanna, tenang menghanyutkan dan juga mematikan. And our main actor .. Brad Pitt with his southern accent is not so glourious anymore, his glory was already buried in Benjamin Button.
Personally, yg menarik dari film ini adalah karakternya dan pernak-pernik yg menjadi ciri khas Quentin dalam filmnya. Selain itu, final scene-nya kurang "nendang", mungkin sesuai dengan judulnya this is an inglourious basterds!
Thank God i don't watch it at midnite show, thank God i slept for nine hours in the night before.

7 out 10 stars

1 komentar:

Anonim mengatakan...

Not enough romance for me..