11 Mei 2010

A stupid time-cops movie in future sets

@Season City XXI, studio 4, May10th 2010, 1425 hrs

Kalo diliat dari poster-posternya emang keren yakkk... Begini ceritanya... film dibuka dengan para polisi masa depan tahun 2080 yg berseliweran naik motor terbang seperti di film Star Wars di antara gedung pencakar langit kota metropolis ala Minority Report, dibalut dengan scoring yg mirip dengan Lord of the ring. Kidd Zhao (Andi Lau), polisi tua yg selalu tampak muda mempunyai istri yg cantik dan (beneran) muda (polisi juga) bernama millie (Fang Bing Bing) disingkat M.L.

Suatu ketika mereka ditugaskan untuk mengawal pameran harta karun dinasti Ming hasil penemuan Dr. Masterson, yg juga menemukan sumber energi panas pengganti, rupanya orang tua yg satu ini seorang scientis dan juga arkeolog, hebat yahhh.... Di tengah-tengah pameran muncullah gerombolan cyborg yg dipimpin Kalon (Fang SiuWong, Ip Man 2), dengan beberapa anggotanya yg canggih bener.... hampir semuanya mempunyai senjata berbentuk tentakel besi yg berkepala naga, termasuk Kalon sendiri yg mirip Dr. Octopus di Spiderman. Satu-satunya wanita dalam gerombolan tersebut bernama Fiona (Tang yi fei) yg berpakain kulit hitam ala cat woman lengkap dengan ekor pecut. Coba hitung udah berapa film Hollywood yg ditiru dalam 15 menit pertamanya.

Sebelum Millie tewas ketika bertempur melawan gerobolan, dia mengendarai traktor bercapit banyak ala transformer bertangan banyak. Traktor apaan tuh? Jangan tanya apaan.... Bersama Kidd, Millie membasmi satu persatu gerombolan itu, namun Fiona dan Kalon berhasil lolos. Entah apa yg diincar dari Dr. Masterson oleh gerombolan itu, yg jelas setelah itu Kidd ditugaskan untuk kembali ke masa lalu menyelamatkan Dr. Masterson di tahun 2020 yg berusia 12 tahun. Sebagai konsekuensinya Kidd harus "dirobotisasi", hanya tinggal jantung dan otaknya (memori) aja yg bersisa. Dia dibekali oleh sebuah tabung kecil yg bisa mengubahnya menjadi manusia super perpaduan iron man dan robocop. Mau lihat gambarnya? Cekidot gan....
Kidd dikirim ke masa lalu bersama anaknya, Kiki (Xu Jiao, CJ7). Langsung aja, Kidd udah langsung menjadi seorang polisi, segampang itukah? yup, gampang banget..... Barbie Hsu berperan sebagai polwan muda tertarik yang kepadanya. Kemudian juga ada sersan Masterson (Mike He) sebagai kepala polisi. Suatu ketika, Kidd berhasil meringkuk 3 perampok bank tanpa sepengetahuan orang-orang karena identitas aslinya tidak boleh terbuka, namun 2 teman sekolah Kiki berhasil merekamnya. 3 orang penjahat dan 1 polisi teman Holly pun dimasukkan ke rumah sakit jiwa karena bercerita ada superman yg berhasil meringkuk mereka. Cerita pun bergulir pada masalah Kidd adalah superman atau bukan.
Tak lama kemudian, Kalon dan Fiona pun datang dari masa depan, kenapa yah mereka bisa datang ke tahun yg sama? Jgn tanya kenapa.... Apakah orang dari tahun 2080 bisa seenak jidat berpindah-pindah ruang waktu? Beneran.. ga usah nanya deh...

Terlalu banyak adegan ga penting sebetulnya di sini, mungkin untuk memperpanjang durasi sampai 95 menit. Singkat kata, Kalon berhasil melacak keberadaan Kidd dan berusaha memporak-porandakan taman bermain ala dufan. Mulai dari halilintar, keretanya dilemparkan oleh Kalon namun berhasil berhasil ditangkap Kidd. Kemudian bianglala, diputar sekencang mungkin sampai satu persatu keretanya lepas dari lingkaran, dan berhasil juga ditangkap oleh Kidd... (ya iyalahhh). Coba kita mengingat serial ultra man, power rangers, gaban, sariban.. di mana saat awal sang penjahat tidak melawan jagoan dulu, malah sibuk mengganggu orang-orang supaya jagoannya kehabisan tenaga menyelamatkan mereka.
Karena motor bebek milik Kidd yg bisa berubah menjadi motor canggih ala batman, maka dia dan Kiki berhasil kabur dan identitas Kidd pun terbuka. Tapi tenang film tentunya tidak berakhir di sini. Alkisah sersan polisi Masterson pun menikah dengan ibu tiri teman Kiki, Holly pun berharap dia bersama dengan Kidd lebih lama. Denggg..... tiba-tiba muncullah seorang polisi masa depan yang mengingatkan Kidd dalam 2 jam dia harus meninggalkan tahun 2020. Seinget gua, Kidd ga pernah dikasi dead-line deh? Lagipula Kalon kan belom mati?? Oke rupanya, si Kalon emang tau diri, dia langsung memunculkan diri di pesta itu dan terjadilah pertempuran hebat antar Dr. Octopus dengan Iron-robo man. Siapakah yg menang? Tentu saja Kidd! Pas pada waktunya, Kidd pun pulang ke tahun 2080. Lalu siapakah sebetulnya Dr. Masterson cilik? gimana dengan Kiki? kayaknya sih ga perlu gua tulis semua di sini toh?

Last scene.... di tahun 2080, terbaringlah seorang nenek-nenek yg sedang disuapi oleh Kidd. Sang sutradara yg baru gua denger namanya Wong Jing (padahal sudah menyutradarai dan menulis ratusan film) berusaha meyakinkan penonton kalo nenek-nenek itu sudah berusia lebih dari 80 tahun dengan make-up seperti itu. Siapakah nenek-nenek itu? Cuman penonton goblok yg ga bisa nebak...

So suitable for kids, so many unexplained situations, so many imitations with some stupid scenes.. a very under so-so movie..
4 out of 10 stars

Tidak ada komentar: