30 September 2010

Para burung hantu ga hoole...

@Epicentrum XXI, studio 2, Sept 29th 2010, 1455 hrs

Hmm... gua ga bisa komen banyak tentang film yg satu ini. Ngomongin soal film anak (karena beratifikasi PG alias semua umur), film ini hampir kaga ada lucu-lucunya. It's kinda serious.
Dikisahkan Soren seekor burung hantu muda yg pemimpi, (dialognya disulihsuarakan oleh Jim Sturgess yg terdengar terlalu tua untuk seekor burung muda) dan selalu ingin bertemu dengan penjaga burung hantu dari pohon Ga'hoole karena dipengaruhi oleh cerita sang Ayah. Suatu ketika, Soren dan Klud saudara laki-lakinya diculik oleh burung hantu tua dan besar untuk dijadikan tentara dan budak dari burung hantu yg disebut sebagai "The Pure One" di St. Aggie. Soren berhasil meloloskan diri bersama dengan seekor burung hantu kecil sementara Klud memilih untuk tinggal di sana dan menjadi tentara "The Pure One".
Singkat cerita, Soren pun bertemu dengan 2 ekor burung hantu yg lain, bersama-sama mereka mencari pohon Ga'hoole untuk bertemu dengan "para penjaga" kedamaian kerajaan burung hantu. Tujuan mereka adalah untuk menghalangi ambisi "The Pure One" yg ingin menguasai kerajaan burung hantu. Terjadilah perang antara burung hantu yg beraksi bagaikan Gladiator. Adegan ini cukup seru karena seinget gua belum pernah ada adegan sejenis.

Dari segi cerita film ini tergolong biasa aja (dibandingkan dengan animasi keluaran Walt Disney) meskipun tidak membosankan. Zack Snyder sebagai sutradara bermain sangat aman untuk film anak-anak berdurasi 90 menit ini. Tindakan heroik Soren dan tingkah laku para burung hantu tidak dapat meraih simpati penonton secara maksimal, belum lagi nuansanya terlalu gelap untuk penonton anak-anak.
Poin plus film ini adalah gambar efek animasi 3D yg di atas rata-rata (apalagi kalau ditonton dalam versi 3D), scoring-nya juga oke... Well, menonton film ini seperti Harry Potter versi burung hantu : quite dark, a 'lil bit adventurous, less emotional and not deep enough...

Jangan lupa untuk masuk lebih awal karena ada cuplikan animasi Road Runner selama 5 menit berjudul "Fur of Flying" sebelum film ini diputar...

6.5 out of 10 stars

Tidak ada komentar: