01 Oktober 2010

The Experiment : Percobaan di penjara

@Blitzmegaplex CP, audi 9, Sep 30th 2010, 1630 hrs

Sehabis darah garuda, langsung nyambung film berdurasi 95 menit ini. Merupakan re-make dari film Jerman berjudul sama mengisahkan tentang 26 pria yg dibayar untuk melakukan serangkaian percobaan sebagai napi dan sipir di sebuah penjara buatan selama 14 hari, yg diselenggarakan oleh sebuah perusahaan swasta ga jelas.
Terpilihlah ada 8 orang sebagai sipir dan sisanya sebagai napi. Sebetulnya mereka hanya perlu melakukan tugasnya sesuai peran layaknya sebuah permainan, dengan peraturan tertentu, apabila terjadi kekerasan ataupun salah satu dari mereka ingin keluar, maka permainan tersebut berakhir dan mereka tidak akan dibayar!

Adalah Travis (Adrein Brody) yg ikut dalam permainan itu sebagai napi. Kepribadian yg berani dan loyal terhadap sesama napi, membuatnya dibenci oleh Barris (Forest Whitaker) yg terpilih sebagai sipir. Percikan-percikan kecil terjadi di antara sipir dan napi yg menyebabkan perlawanan para napi menjelang akhir cerita.
Film ini masih berada di bawah ekspektasi gua, sebagai film yg seharusnya penuh dengan aksi kekerasan. Tapi gua yakin versi Hollywood ini jauh lebih soft dibandingkan versi aslinya. Gua mempertanyakan bagaimana sipir yg cuman 8 orang itu bisa dengan mudah mengisolir (menangkap satu per satu) setiap napi yg dua kali lebih banyak jumlahnya. Klimaks perlawanan napi melawan sipir penjara kurang terasa hype-nya. Apalagi sipir penjara terlihat fine-fina saja setelah digebuki oleh para napi, padahal jumlah mereka lebih sedikit (lagi-lagi..).
Akting Adrien dan Forest memang tidak jelek, mungkin mereka terjebak dalam skrip dan setting yg agak sempit... film ini sendiri memang lebih berfolus pada dua tokoh ini saja. Seharusnya film ini bisa mengeksplorasi lebih banyak sisi psikologis para napi dan sipir yg "terkungkung" di mana keseharian mereka adalah para warga sipil yg bebas.

6 out of 10 stars..

Tidak ada komentar: