08 Maret 2009

Not every german loves Hitler (contains history spoiler

@Hollywood KC studio 1, Feb 14 2009, 1300 hrs

Valkyrie adalah sebuah rencana pengamanan (atau bisa disebut pengambil-alihan kekuasaan) terhadap Berlin oleh tentara cadangan yg sudah disiapkan oleh Hitler bila sewaktu-waktu ia meninggal atau terjadi gangguan pol-sos, yg ditandatangani oleh Hitler sendiri dalam sebuah dokumen.
Singkat kata, Kol. Stauffenberg (Tom Cruise) yg mengganggap Hitler adalah kehancuran buat bangsa Jerman sendiri, berhasil mendapatkan persetujuan dari Hitler untuk mengubah Operasi Valkyrie, di mana Stauffenberg mengubah "sedikit" dokumen tersebut, termasuk otoritas penangkapan tentara SS Nazi oleh tentara cadangan apabila Hitler meninggal.
Rencana tersebut merupakan bagian dari sebuah konspirasi di antara para petinggi tentara Jerman untuk membunuh Hitler.

Akhirnya disusunlah sebuah pemboman di "Sarang Serigala" ketika Hitler mengadakan pertemuan untuk membicarakan langkah militer bersama para petingginya, di mana Stauffenberg juga hadir untuk membawa bom itu ke dalam ruangan, dan meledakkannya beberapa saat sebelum dia keluar dari ruangan tersebut.

Sejarah pun mencatat, kalau Operasi Valkyrie ini hanyalah salah satu dari sekian belas usaha pembunuhan terhadap Hitler yg gagal. Untuk penonton yg mengetahui sejarah PD II tentunya... you'll know how this movie should end...

Buat gua pribadi, film ini terasa kurang gregetnya... momen-momen penting ketika Stauffenberg "menyusup" ke Sarang Serigala untuk menaruh bom kemudian melarikan diri, terasa kurang nge-thrill dan nge-josss. Begitu pula adegan eksekusi para pelaku operasi valkyrie, terasa kurang dramanya. Overall, film ini tidak jelek, cuman biasa banget. Plus, dari segi scoring juga kurang mendukung (mungkin karena itulah minus unsur drama dan sentuhan emosionalnya). Film ini akan menjadi film Tom Cruise yg terlupakan... In other words, meski bukan Tom Cruise yg menjadi stauffenberg, ga ngaruh sama sekali!

6 out of 10 stars

WARNING: buat mereka yg kurang menyukai sejarah dan juga drama politik, disarankan untuk tidak menonton film ini, apabila tidak ingin walk-out sama seperti 4 orang penonton ketika gua menonton film ini!!

Yang ingin mengetahui secara detil apa itu Operasi Valkyrie dan sejarahnya bisa dibaca lebih lengkap di http://us.imdb.com/title/tt0985699/synopsis atau http://en.wikipedia.org/wiki/Operation_Valkyrie.

Tidak ada komentar: