08 Maret 2009

Wanna die in the ghetto or fled with me?

@Puri XXI studio 3, Feb 15 2009, 1445 hrs

Well... another movie about Jews flees from Nazi...
(Lagi-lagi) diangkat dari kisah nyata kepahlawanan 4 orang Bielski bersaudara: Tuvia (Daniel Craig), Zus (Liev Schreiber), Asael(Jamie Bell), dan Aron (George MacKay). Mereka berasal dari keturunan Yahudi yg tinggal di Polandia (sekarang disebut Belarusia). Pada waktu invasi Nazi ke daerah tersebut di tahun 1941, kedua orang tuanya dibunuh oleh polisi lokal di bawah perintah Nazi, dan mereka pun melarikan diri ke hutan bersama beberapa tetangganya. Di sana ternyata sudah banyak sekali orang Yahudi yg bersembunyi. Tuvia dan Zus yang bersumpah untuk membalas dendam, mereka pun membentuk sebuah batalion kecil-kecilan untuk melindungi para pengungsi Yahudi yg jumlahnya terus bertambah. Seiring dengan berjalannya waktu, Tuvia dan Zus berselisih karena Zus memilih memerangi langsung tentara Nazi dengan bergabung dengan tentara gerilya Soviet daripada melarikan diri dan menjadi incaran Nazi.

Tentu saja menonton film ini mengingatkan kita kembali kepada film The Pianist tentang perjuangan kaum yahudi yg melarikan diri dari kejaran Nazi, namun dengan setting yg berbeda, karena film ini ber-setting di dalam hutan.
Daniel Craig dan Liev Schreiber tampil meyakinkan dengan akting mereka dalam dialog berbahasa Polish, aneh memang...seharusnya film ini ditampilkan seluruhnya saja dalam bahasa Polish, Yahudi, dan Jerman, mungkin akan lebih afdol... sama halnya bila Valkyrie bila ditampilkan dalam bahasa Jerman. Satu hal yg mengganggu adalah penampilan fisik Daniel Craig yg lebih mirip orang Rusia atau Inggris (dark blonde and blue eyes) daripada orang Yahudi sendiri, we could still a "Bond" image inside his character here...

Scoring-nya sangat mendukung sehingga menambah suasana dramatis dan kekejaman di film ini, tidak heran kalau diganjar nominasi Oscar untuk original score...

7 out of 10 stars....

WARNING: tidak bisa disangkal bila film ini mengusung budaya dan agama Yahudi yg cukup kental. Untuk mereka yg anti-Yahudi sangat tidak disarankan menonton film ini!

Mau lebih lanjut tentang Bielsi bersaudara?
http://en.wikipedia.org/wiki/The_Bielski_Brothers
http://en.wikipedia.org/wiki/Aron_Bell
http://en.wikipedia.org/wiki/Defiance_(2008_film)

Tidak ada komentar: