07 April 2009

When chinese want to rule Japan in Shinjuku.....

@Puri XXI, Studio 1, April 7 2009, 1445 hrs

Berkisah tentang banyaknya orang Cina daratan yg menyusup ke daratan Jepang di awal 90-an karena latar belakang ekonomi Cina yg buruk pada waktu itu. salah satunya adalah Steelhead (Jackie Chan) yang mempunyai misi pribadi mencari Xiu-Xiu pacarnya yg "hilang", setelah merantau sekian lama ke Jepang dan tak ada kabarnya lagi.
Di Jepang dia tinggal bersama para imigran gelap dari Cina lainnya di rumah sewaan, kesemuanya bekerja serabutan mulai dari tukang sampah sampai tukang ngutil. Dia juga bertemu dengan wanita bernama Lily yg bersimpati padanya.
Ternyata tidak mudah hidup di negeri orang, meski sama-sama berkulit kuning orang jepang menggangap orang Cina adalah sampah masyarakat, sehingga sering terjadi konflik horizontal antara keduanya, ditambah lagi konflik antara dua kubu Yakuza yg memperebutkan posisi pimpinan baru.
Shinjuku sendiri adalah sebuah distrik milik Yakuza yg dikendalikan oleh geng asal Taiwan yg membenci orang-orang Cina daratan.
Mau tidak mau Steelhead dan kawan-kawan pun terjebak dalam situasi tersebut, yg pada akhirnya membawa mereka ikut terlibat langsung dalam konflik.

Film berdurasi dua jam ini memang sebuah film drama murni yg sarat moral dan (lagi-lagi) stereotip terhadap ras tertentu.
Sudah menjadi rahasia umum, bila para imigran gelap di negara manapun akan membentuk komunitas sendiri dan dicap sebagai parasit oleh masyarakat negara tujuan. Tak ayal lagi, kalau film ini ingin bercerita banyak tentang konflik horizontal yg dialami imigran gelap asal cina daratan di kawasan Shinjuku khususnya. Sudah barang tentu film ini akan di-banned oleh pemerintah cina sendiri.
Dari segi cerita, film ini bukanlah tipikal Jackie Chan pada umumnya, jadi jangan berharap ada adegan dan mimik yg konyol, apalagi memamerkan jurus kungfunya.
Yang pasti film ini sangat Jackie Chen-tris.. dibuka dengan opening credit, producer dan excecutive producer (yg mana adalah Jackie sendiri), kemudian starring by Jackie Chan (tanpa ada nama aktor/aktris lain), dan directed by Derek Yee...
Dari segi akting, film ini jelas di atas rata-rata, Daniel Wu sebagai pengecut Jie sangat pas memerankannya.. begitu pula aktor pendukung yg seabreg. Sayang, aktris pendukungnya (Xiu-xiu dan Lily) kurang mendapat sorotan utama, sehingga dapat dengan mudah "dihilangkan" begitu saja dari alur cerita.

Film ini tidak cocok untuk anak kecil karena adegan aksi dan kekerasan di dalamnya yg cukup sadis... dan untuk mereka yg berpikir bahwa ini adalah film keluarga dan lucu-lucuan Jackie Chan di mana Jackie akan beraksi one man show, definitely not at all!

7 out of 10 stars

Tidak ada komentar: