23 April 2009

Watchmen, watch me...

@Plaza Indonesia XXI, studio 1, Apr 23 2009, 1215 hrs

Film berdurasi 160 mnt ini menceritakan kelompok pembasmi kejahatan di tahun 1940, namun bertindak secara bar-bar terutama tokoh Edward Blake a.k.a The Comedian (Jeffrey Dean Morgan,sekilas mukanya mirip Rober Downey Jr.) dan Walter Kovacs a.k.a Rorschach (Jackie Earle Haley).
Sementara di tahun 1970-an kelompok ini mengalami re-generasi, di mana ada dua tokoh yg mengalami regenerasi yakni Nite Owl dan Silk Spectre.
Dan Dreiberg a.k.a Nite Owl generasi 2 (Patrick Wilson) dan Laurie Jupiter a.k.a silk Spectre 2 (Malin Akerman) yg merupakan anak dari Sally Jupiter (Carla Gugino) dan salah satu anggota Watchmen yang... (SPOILER).
Film dibuka dengan terbunuhnya The Comedian di tahun 1985 setelah kelompok itu bubar, hal ini menggugah Rorschach dengan mengajak para generasi watchmen yang masih tersisa untuk mengungkap misteri di balik pembunuhan itu.

Film ini bukan film untuk semua orang... Tidak seperti film superhero lainnya, di mana mereka bertarung dengan para villain, film ini justru kebalikannya, lebih menceritakan hubungan antara para superhero itu sendiri. Dengan alur yg bolak balik masa lalu (1940-an, 1970-an) dan masa sekarang (1985), sempat membuat gua bingung juga.
Ritme film pun terasa menyenangkan di paruh pertama ditunjang oleh lagu-lagu jadul yang asik banget dan agak menyebalkan di paruh kedua.
Bisa dibilang klimaks film ini makin menurun menuju bagian akhir, justru adegan pembukalah yang paling enak ditonton.
Tokoh the comedian dan Rorschach pas banget sebagai tokoh good and bad, i like them.
Yang gua berasa aneh tokoh Manhattan yg "so lame".... dan adegan di planet Mars.. just cut it off! Terlalu banyak dialog filosofis yang ga jelas di sini...
Setting ceritanya di tahun 1980-an mengenai perang dingin antar Rusia dan Amerika terasa agak "out of date" untuk film-film sekarang yang kebanyakan bercerita tentang terorisme dan lingkungan hidup.
Satu lagi, biasanya sebuah film superhero menceritakan awal mula bagaimana tokoh-tokoh superhero itu dibentuk dan direkrut. Tapi film ini justru menceritakan setelah kelompok superhero itu bubar. Apakah mungkin ada Watchmen Origins : the Prequel?? Hmm.... sepertinya film ini tidak akan pernah dibuat lagi bila dilihat dari perolehan gross domestiknya yang belum balik modal...

Untuk lagu-lagu jadulnya, visual efek, dan juga vigilante action-nya, gua kasih
7 out of 10 stars...

P.S. : kenapa Adrian Veidt a.k.a Ozymandias kaga bertambah tua ya? Padahal dia berasal dari watchmen generasi pertama toh...??
Jadi, Amerika memenangkan perang Vietnam karena Dr. Manhattan.. hihihihihihi.....
Kalau Indonesia Vs Amerika, kita pasti menang karena kuntilanak dan pocongnya beranak, kekekekekekeke...

Tidak ada komentar: