10 Agustus 2009

The adventure is UP there.... duarrrr... hatiku sangat kacau.....

@Surya 3, 1300 hrs, August 9th 2009

Film dibuka dengan adegan kilas balik kisah cinta Fredicksen dan Ellie muda tanpa dialog, gosh... i almost dropped a tear for that scene... it's so "a walk to remember". Fredickson tua yg hidup sendiri dan anti-sosial, hiks..... Sampai suatu ketika dia harus "terusir" ke panti jompo karena rumah "warna-warni"nya akan digusur. Dia pun mengikat ratusann.. ribuan...jutaann... balon ke perapian sehingga rumahnya pun terbanggggg ke amerika selatan untuk mewujudkan mimpi Fredickson dan Ellie muda.

Dan ternyata seorang anak penjelajah alam berpakaian ala pramuka bernama Russell ngumpet di beranda rumah dan ikut terbang bersama sang kakek. Akhirnya mereka pun mendarat dengan selamat di hutan dengan balon yg masih utuh (hell-u-e-yahhhh), jadilah duo C&R, si petualangan wilderness explorer (W.E., mungkin versi baru nya internet explorer, bukan cek dan ricek loh).
Mereka bertemu dengan SATU-SATUNYA penghuni hutan tropis amerika selatan burung curut yg sebenernya banyak dijumpai di hutan Papua Nugini, dan diburu oleh SATU-SATUNYA (eh banyak deng...) predator di hutan itu, the talking dogs from beverly hills. Mungkin spesies lain udah dimakan hidup-hidup oleh anjing-anjing sialan yg kelaparan itu.

Ternyata anjing-anjing itu adalah piaraan arkeolog tua Charles Muntz. Si manusia yg satu ini hidup dari jaman film hitam putih dan kaga mati-mati demi memburu burung curut untuk dibuktikan ke dunia kalo burung itu punya tulang gede kayak dinosaurus tapi bisa ngelipet-lipet lehernya dan lari secepat kilat... Dan ternyata dia juga berprofesi sebagai ilmuwan sampai bisa menciptakan alat interpreter suara guk-guk menjadi dialog bhs inggris. Rupanya di dalam zeppelin raksasanya bukan cuman berisi artefak kuno saja, tapi menyimpan teknologi high-tech dari jaman 30an, bak sebuah kapal NUH! Mungkin itu sebabnya dia lebih panjang umur dari Fredickson dan istrinya...

Setelah mengetahui kalo Kevin (yup.. ini nama keren si burung curut) demen ama Russell, maka Charles menangkap duo C&R. Akhirnya kakek Carl bertarung ala Knight Templar melawan kakek Munchhh, demi membebaskan Kevin. Begitu hebatnya, kakek yg satu ini bisa menahan rumah terbangnya, memanjat zeppelin, sampai menahan Russell dan Kevin yg hampir terjatuh dari Zeppelin.. gua menyebutnya si KAKEK SUPER BERTULANG BESI. Lihat saja, sebelum bertarung dengan kakek Munchhhh, kakek Carl ini melakukan streching dengan semua tulang-tulangnya, krekk kriukkk, krekkk.... Hebat kan!
Kevin pun tidak mau kalah si burung curut satu ini pandai memanjat tangga meskipun kakinya patah.

Akhirnya..... kakek Muntz pun terjatuh dari Zeppelin-nya sendiri, tuinggg... matikah? Belum tentu... Bisa jadi dia masih hidup, karena umurnya udah hampir 100 tahun.
Dan C&R pun hidup berbahagia bersama para anjing Beverly hills dan menjelajah dunia dengan Zeppelin milik kakek Munchhh....

Gubrakssss...... gua memaafkan segala sesuatu yg pernak-pernik di dalam film ini karena ini adalah sebuah film animasi!! Satu-satunya hal yg ga bisa gua terima adalah kemunculan anjing-anjing beverly hills yg kurang "sejalan" dengan alur dan setting hutan belantara itu.. plus burung curut yg katanya bertulang besar ala dinosaurus.
Oke.. gua maafkan lagi..

Dentingan piano lagu sabda alam milik ismail marzuki pas banget masuk ke scene antara Carl dan Ellie.

7 out of 10 stars...

NB:
Akhirnya walt disney pun bisa melakukan plagiat lagu sabda alam milik ismail marzuki, berikut liriknya :

Diciptakan alam pria dan wanita
dua makhluk dalam asuhan dewata
Ditakdirkan bahwa pria berkuasa
adapun wanita lemah lembut manja

Wanita dijajah pria sejak dulu
dijadikan perhiasan sangkar madu
namun ada kala pria tak berdaya
tekuk lutut di kerling wanita

Trus kayaknya gua nemuin bloopers, di foto paradise lost itu, terlihat di samping air terjun ada satu karang lagi... kayak tower gitu. Di akhir cerita, dikasi lihat kalo rumahnya jatuh tepat di atas air terjun, tanpa terlihat ada "tower" satunya lagi di samping...

Tidak ada komentar: