18 Agustus 2009

A Wall-street guy is taking down the market by taking of pelham 123


@Blitzmegaplex GI, Audi 1, 1915hrs, August 17th 2009

Walter Garber (Denzel Washington), pria yg bekerja di bagian pemantauan jalur kereta api kota New York, tiba-tiba harus berhadapan dengan seorang teroris bernama Ryder (John Travolta) yang membajak satu gerbong kereta api yg berangkat dari stasiun Pelham. Dalam waktu sejam Ryder bersama 3 orang anteknya meminta tebusan sebesar 10juta dollar, atau ia akan membunuh satu per satu belasan sandera.
Pihak kepolisian yg dikomandani Letnan Camonetti (John Turturro) segera merespon insiden tersebut dan menghubungi walikota NY (James Gandolfini) yg rupanya lebih senang naik subway daripada kendaraan dinas karena dianggap lebih cepat. Dengan pengawalan polisi, 10juta dollar pun segera meluncur ke stasiun bawah tanah untuk diserahkan kepada Ryder.

Film yg berdurasi 100 menit merupakan re-make yg diangkat dari novel karangan John Godey. Mempunyai alur cerita dan dialog yg intens, lengkap dengan pengambilan gambar yang berputar dan cepat, merupakan ciri khas Tony Scott dari semua film yg disutradarainya (Man on Fire, DeJavu, Domino, Spy Game, Enemy of the state, Crimson Tide). Akting Denzel Washington terlihat natural, tapi sepertinya aktor yg satu ini sudah terjebak dalam karakter yg stereotype, berperan sebagai pria yg terlibat dalam sebuah masalah yg tidak diketahuinya namun bisa menghadapi secara tenang. John Travolta cukup garang berperan sebagai teroris, meskipun dialognya terasa mengganggu di beberapa bagian, di mana dia banyak mengumpat kata-kata "m*therf*ck*r", i think more than 10 times?
Not the best Tony Scott's movie, but it's worth to watch...

7 out 10 stars

Tidak ada komentar: